Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kode Error AC Sharp H3 dan Tips Untuk Mengatasinya

Rumah idaman saat ini seringkali di desain dengan desain yang elegan, mewah dan mengesankan. Rumah sebagai hunian idaman sangat dibutuhkan kenyamanan yang ada didalamnya agar kita merasa senang berada di rumah dalam waktu yang cukup lama. 

Rasa kenyamanan ini penting untuk dibangun dan cara membangun rasa nyaman tersebut dapat dimulai dengan mendesain dan mewujudkan rumah sesuai impian yaitu salah satunya dengan menggunakan Air Conditioner (AC) sebagai pendingin ruangan di rumah. 

AC sebagai pengganti kipas angin tetap saja mengalami suatu yang error yang dapat terjadi yaitu sebagai berikut.

Kode Error AC Sharp H3

Kode error AC Sharp H3 disebabkan oleh beberapa faktor:

1.Unit AC Kotor

Penyebab pertama terjadinya error H3 pada AC Sharp adalah keadaan AC yang kotor karena bagian dalam maupun bagian luar kotor, sehingga hal itu dapat menghambat kinerja dari pendingin udara tersebut. Hal tersebut dapat terjadi jika Anda tidak rutin untuk membersihkan AC secara rutin.

2.Thermistor Bermasalah

Penyebab kedua terjadinya error H3 pada AC Sharp adalah bermasalahnya thermistor atau bahkan rusak. Fungsi thermistor sendiri adalah sensor pendeteksi suhu pada AC dan juga sebagai pemutus arus pada kompresor. Jika thermistor sudah mengalami kerusakan, maka kinerja pada thermistor sendiri untuk mendeteksi sensor suhu sekaligus sebagai pemutus arus kompresor akan jadi kurang maksimal. Hal itu bisa mengakibatkan AC tidak berfungsi dengan baik.

3.Voltase Drop

Penyebab lainnya terjadinya error H3 pada AC Sharp adalah voltase yang drop atau daya listrik yang digunakan terlalu rendah, sehingga kinerja mesin kompresor pada AC sendiri nantinya dapat menjadi lebih berat dan mengakibatkan kompresor mengalami overheat. Jika hal itu terjadi terus-menerus akan menyebabkan AC tidak dapat berfungsi.

4.Kompresor Overheat

Overheat dapat terjadi pada AC berasal dari oli yang habis pada kompresor di dalam AC dan mengakibatkan overheat. Jika kompresor mengalami overheat berarti AC tersebut mengalami error H3 di AC Sharp. 

Tidak hanya karena kehabisan oli, kompresor juga dapat mengalami overheat ketika running kapasitor kompresor rusak, panas yang berasal dari kondensor tidak maksimal karena fan dan outdoor berputar pelan sekali sehingga panas dari kondensor tidak terbuang sempurna atau sirkulasi udara pada outdoor kurang dan lain sebagainya.

5.Freon Habis

Penyebab terakhir terjadinya error H3 pada AC Sharp adalah habisnya freon pada AC. Freon adalah bahan pendingin ruangan yang berisi gas dan cairan. Jika freon pada AC Sharp tidak bersisa atau terjadi kebocoran juga sudah pasti bakal berdampak pada munculnya sebuah kode error H3. Padahal fungsi Freon yaitu untuk gas pendingin pada perangkat AC. Hal itu, jika freon habis maka AC tidak dapat mengantarkan pendingin ke ruangan tersebut.

Tips untuk mengatasi Error H3 pada AC Sharp


1.Mengganti thermistor

Tips kedua yang dapat dilakukan untuk mengatasi error H3 yang terjadi pada AC Sharp adalah dengan mengganti bagian thermistor pada AC. Setelah mengecek thermistor menggunakan sebuah alat multi tester dengan hasil kurang dari 8k, maka Anda perlu mengganti thermistor tersebut.

2.Menambah daya listrik

Tips lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi error H3 yang terjadi pada AC Sharp adalah dengan mengisi ulang oli pada kompresor. Jika error H3 disebabkan oleh habisnya oli pada kompresor, maka cara untuk mengatasinya sendiri dengan mengisi ulang oli kompresor. 

Sebelumnya, terlebih dahulu untuk mengecek ampere kompresor. Jika semuanya normal, maka dilanjutkan dengan mengisi ulang oli kompresor untuk mengatasi error H3 pada AC Sharp.

3.Mengisi ulang freon AC

Tips terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi error H3 yang terjadi pada AC Sharp adalah dengan mengisi ulang freon pada AC. Jika freon pada AC sendiri sudah habis maka segeralah untuk mengisi ulang. 

Usahakan untuk memeriksa apakah terdapat sebuah kebocoran freon atau tidak. Jika semuanya sudah aman, maka lakukan pembersihan memakai vakum cleaner, jika sudah benar-benar bersih baru mengisi ulang Freon R32 yang sudah disiapkan