Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Merawat Mesin Cuci agar Awet

Penggunaan mesin cuci merupakan salah satu wujud dalam pemanfaatan teknologi, yang mana semakin hari teknologi semakin canggih. Hal ini tentu berdampak baik baik kepada manusia, seperti memudahkan pekerjaan manusia. 

10 cara merawat mesin cuci


Akan tetapi juga berdampak negatif, apabila tidak bisa mengontrol penggunaannya. Mesin cuci memang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat, ya meskipun tidak semua orang memilikinya. 

Mesin cuci adalah sebuah alat yang digunakan untuk mencuci, membilas, maupun mengeringkan pakaian. Hadirnya mesin cuci ini, kita tidak lagi repot-repot dan mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk mencuci. Nah, kita bisa sambil mengerjakan pekerjaan yang lainnya, seperti memasak, mengepel, dan sebagainya.

Walaupun harganya ada  yang mahal, tapi mesin ini worth it untuk mencuci baju atau pakaian. Merawat mesin cuci ini agar tetap awet merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Kalau sudah rusak, karena kita ceroboh atau tidak benar saat menggunakannya, kan sayang kalau mengeluarkan uang lagi untuk memperbaiki atau beli yang baru. Mengenai tips merawat mesin cuci agar awet, simak penjelasan berikut. 

Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet 

1.Ikuti Cara Menyimpan Mesin Cuci yang Baik

Pengguna merupakan penentu, apakah mesin cuci tersebut awet atau tidak, dimana meletakkan mesin cuci dan sebagainya. Tempat meletakkan mesin cuci yang salah akan membuat kualitas mesin cuci ini menurun. Parahnya lagi, mesin cuci bisa cepat rusak. 

Tidak mau kan terjadi hal seperti itu?. Jadi, pastikan tidak meletakkan mesin cuci di tempat yang lembab ya, karena akan mempercepat kerusakan pada mesinnya. Selain itu, tempat yang tertutup dengan minim udara juga kurang baik untuk mesin cuci, karena akan berpengaruh pada suhunya. Cara ini bisa diterapkan pada mesin cuci 1 ataupun 2 tabung. 

2.Jangan Memasukkan Pakaian Terlalu Banyak

Harus sabar ya ketika mencuci !, karena kalau kita buru-buru dan memasukkan pakaian terlalu banyak akan berakibat fatal pada mesin cuci dan pastinya tidak awet. Cara kerja mesin cuci tidak maksimal dan pakaian tidak tercuci secara maksimal. Maka dari itu, perhatikan kapasitas mesin cuci Anda. 

3.Jangan Menyimpan Pakaian Terlalu Lama di Mesin Cuci

Menyimpan pakaian terlalu lama di dalam mesin cuci akan menimbulkan bau tidak enak, dan bau itu akan menyebar ke dalam pakaian lainnya. 

4.Atur Setting Mesin Cuci Sesuai dengan Jenis Pakaian

Mayoritas mesin cuci modern memiliki setting khusus untuk berbagai jenis pakaian. Pakaian yang berbahan halus seperti hijab dengan jenis pakaian yang kasar seperti jaket jeans akan berbeda pengaturannya. Maka pengaturan pada mesin cuci harus disesuaikan dengan pakaian yang ada agar tetap awet.

5.Bersihkan Tabung dan Filter Mesin Cuci

Hal ini bisa dilakukan dengan mudah yaitu setelah mencuci pakaian, maka isi mesin cuci dengan air, kemudian setting dengan mode cleaning. Lalu dilanjutkan dengan membersihkan tabung mesin cuci dan filternya. Tabung dan filter ini dapat dicuci seminggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang bersih.

6.Jangan Kebanyakan Memakai Deterjen

Ketika menggunakan mesin cuci, masukkan deterjen secukupnya, apabila busanya semakin banyak maka menyumbat drainase dan dapat merusak pakaian.

7.Bersihkan Penumpukan Deterjen

Agar mesin cuci tetap bersih, maka bagian dalamnya tetap dibersihkan ya!, jika ada residu deterjen yang tertinggal, maka akan mempengaruhi cara kerja mesin cuci. Cegah penumpukan ini dengan menjalankan siklus muatan kosong, tetapi penuh dan tambahkan 2-4 cangkir cuka putih. Tapi hal ini sesuai dengan kapasitas mesin.

8.Pisahkan Pakaian yang Berukuran Kecil

Pakaian kecil ini seperti kaos kaki, ciput, sarung tangan, dan lain sebagainya lebih baik di sendirikan atau dipisahkan, karena rawan tersangkut di tabung mesin cuci. Oleh karena itu, pakaian yang berukuran kecil tidak ikut tersaring ke dalam filter.

9.Hindari Membuka Pintu Ketika Mesin Cuci Menyala

Ketika kita menggunakan mesin cuci, hindari untuk membuka atau memasukkan benda saat mesin sedang bekerja. Hal ini dikarenakan akan mematikan mesin secara paksa dan akan membuat mesin lebih cepat merusak dinamo dan mesin putarnya.

10.Hindari Menyemprot Panel Mesin Cuci

Perlu diperhatikan, jangan menyemprot air ke control panel jika tidak ingin mesin cuci Anda korsleting. Selain itu, apabila timer pada mesin masih berupa putaran, ingat untuk memutarnya ke arah kanan.

Beberapa tips yang telah dijelaskan di atas adalah tips yang dapat Anda gunakan dalam merawat mesin cuci agar tetap awet. Semoga tips di atas dapat membantu Anda.