Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Bahaya dalam Menonton TV untuk Mata

Menonton TV adalah salah satu kegiatan mengasyikkan yang dapat kita lakukan setiap hari. TV adalah salah satu media telekomunikasi yang terkenal yang berfungsi sebagai sebuah alat yang dapat digunakan untuk menangkap siaran bergambar.

7 bahaya menonton tv


Pada saat menonton TV dan kita menjumpai acara TV yang seru, hal yang terjadi kita seringkali jarang merasa bosan untuk menonton TV. Bahkan jika telah menyukai suatu program acara pasti kita selalu menantikan jadwal program acara tersebut tayang di TV. Menonton TV seringkali juga membuat kita merasa terlena dan menjadi lupa waktu jika kita sudah terbawa suasana dengan acara tersebut, secara tidak langsung akan mengesampingkan kegiatan yang lainnya. 

Menonton TV ini memiliki dampak yang negatif jika dilakukan secara berlebihan atau tidak sesuai. Ketidaksesuaian ini dimaksudkan adalah untuk kebaikan. Salah satu wujud menonton TV yang tidak sesuai ini adalah menonton TV terlalu dekat. Dampak negatif menonton TV yang tidak sesuai yaitu karena terlalu dekat ini dapat merusak mata. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Ya, menonton TV terlalu dekat dapat merusak mata kita karena jarak pandang tersebut tidak sesuai dengan jarak pandang mata yang telah dianjurkan. 

Bahkan jika sering menonton TV dalam waktu yang cukup lama, maka mata kita secara perlahan akan merasa lelah akibat terlalu sering melihat TV dan terjadi dalam waktu yang tidak singkat.

Menonton TV sebenarnya tidak berbahaya selama kita mematuhi aturan untuk tetap menonton TV dengan jarak pandang yang aman. Tapi, terkadang akibat rasa penasaran kita atau rasa ketertarikan kita yang berlebihan menjadi pemicu utama yang mendorong kita untuk melihat TV dalam jarak yang dekat. 

Nah, jika Anda ingin mengetahui bahaya menonton TV yang lainnya maka Anda dapat menyimak penjelasan mengenai bahaya menonton TV berikut ini.

Bahaya Menonton TV

Beberapa bahaya menonton TV yang dapat Anda cermati yaitu sebagai berikut :

1.Mata menjadi cepat lelah

Bahaya yang pertama adalah mata menjadi cepat lelah. Mengapa hal ini dapat terjadi? Mata akan cepat lelah karena mata menjadi tegang saat menonton TV. Oleh karena itu, bahaya ini dapat dihindari karena untuk meminimalisir bahaya yang lainnya dapat terjadi.

2.Mata merah

Pada saat menonton TV mata merah disebabkan karena mata jarang berkedip jika dibandingkan pada saat kita tidak menonton TV. Oleh karena itu mata akan kering, terasa pedas dan lama kelamaan akan memerah. 

3.Penglihatan menjadi kabur

Penglihatan kita akan kabur karena penglihatan kita terlalu fokus pada acara TV dan tidak banyak berkedip, sehingga akan menyebabkan mata kita kering dan menjadi pedas lama kelamaan akan muncul efek kabur ini. Bahkan jika parah, ketika melihat sesuatu apa yang kita lihat akan menjadi terlihat seperti ganda.

4.Kepala menjadi sakit

Bahaya ini dapat terjadi dengan sendirinya ketika durasi menonton TV yang kita lakukan sangat lama. Jika awalnya masih menyerang mata, tapi perlahan secara tidak sadar akan menyerang kepala.

5.Mata berkedut

Mata kita jika mengalami kelelahan, maka secara tidak langsung dapat menyebabkan efek yaitu mata kita akan berkedut. Oleh karena itu, bahaya ini harus dihindari karena jika mata kita berkedut secara terus menerus kita akan merasa tidak nyaman.

6.Merasa tidak nyaman pada bagian mata 

Bahaya ketika menonton TV yang lama, maka dapat menyebabkan mata kita mengalami mata lelah, mata pedas, mata merah, mata menjadi berdenyut. Oleh karena itu, hal - hal tersebut dapat memicu kita dalam merasakan ketidaknyamanan ketika menonton TV. Bahkan jika mata kita sakit dan terjadi secara lama, aktivitas yang kita lakukan akan menjadi tidak nyaman juga. 

7.Sakit mata

Bahaya ini adalah bahaya yang paling berbahaya jika terjadi. Mengapa hal tersebut dapat dikatakan paling berbahaya? Bahaya ini akan terjadi ketika mata kita sudah terlalu parah kompleks mengalami mata lelah, mata berkedut, mata merah, penglihatan kabur, sehingga kemungkinan terbesar mata kita akan sakit.

Sakit mata ini biasanya berupa mata menjadi minus karena terlalu sering menonton TV secara dekat dan tidak menutup kemungkinan dari mata minus ini akan merambah pada sakit mata yang lainnya.

Beberapa bahaya menonton TV di atas merupakan bahaya - bahaya yang dapat diuraikan agar Anda mengetahui pentingnya mengetahui bahaya menonton TV terlalu dekat. Semoga informasi mengenai bahaya menonton TV terlalu dekat ini dapat berguna bagi Anda dan menjadi hal penting yang dapat Anda cermati untuk diterapkan di rumah.