Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sekring, Fungsi Sekring dan Jenisnya

bocahtehnik - Sekring adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengamankan instalasi sebuah jaringan listrik. Sekring sendiri hampir sama dengan MCB, sekring juga merupakan komponen yang berfungsi juga untuk melindungi instalasi listrik. Namun, lebih mengutamakan untuk melindungi instalasi dari sebuah arus listrik yang berlebihan ataupun ketika terjadi sebuah korsleting listrik. Sekring sendiri sering dikenal juga dengan istilah fuse. 

fungsi sikring


Fuse atau sekring adalah bagian komponen dari elektronika yang isinya berupa kawat halus yang pendek. Pada saat beban listrik mengalami terjadinya overload (beban berlebih), sekring sendiri akan secara otomatis terputus dan dapat meledakkan diri. Kondisi tersebut menyebabkan fuse juga akan meleleh dan terputus. Akibatnya dari instalasi listrik tersebut akan mengalami mati secara total.

Fungsi Sekring

Fungsi sekring dari bagian peralatan listrik tersebut antara lain adalah :

1. Memberikan sebuah perlindungan pada instalasi listrik

Fungsi sekring pertama yang dapat kita ketahui adalah sekring digunakan untuk memberikan sebuah perlindungan pada bagian instalasi listrik. Hal itu diutamakan ketika instalasi mengalami sebuah lonjakan daya. Kondisi ini umumnya membuat instalasi listrik dapat menerima arus berlebih.

2. Dapat memutuskan arus listrik pada saat terjadi korsleting.

Fungsi kedua yang dapat diberikan sekring yang dapat kita ketahui yaitu dapat digunakan memutus sebuah arus ketika terjadi korsleting listrik atau sebuah kerusakan, hal ini secara otomatis sekring dapat memutuskan aliran listrik. Hal tersebut dapat membuat resiko berbahaya yang nantinya dapat terhindarkan.

3. Akan Menjadi sebuah sensor ketika terjadinya kondisi abnormal pada sebuah rangkaian.

Jika terjadi sebuah kondisi abnormal pada suatu rangkaian listrik, fuse inilah yang digunakan sebagai indikasi dan menjadi penanda sensor. Sensor yang diberikan membiah sekring akan turun dan dapat memutuskan aliran sebuah arus listrik.

Hal itu dapat terjadi ketika adanya lonjakan beban, fuse akan langsung memutuskan aliran listrik terlebih dahulu. Tentu hal tersebut tanpa dapat membuat MCB menjadi turun. Jadi hal tersebut untuk menyalakannya, maka anda hanya perlu menekan saklar yang ada pada bagian luar sekring. 

Sekring sendiri memiliki fungsi serta berbagai macam. Berikut macam-macam dari sekring yang dapat kita ketahui :

1. Sekring Rumah

Salah satu jenis sekring yang populer bagi sebagian orang-orang salah satunya adalah sekring rumah. Hal itu dikarenakan sekring digunakan instalasi listrik yang terbilang paling umum dapat kita temui penggunaannya. Alat sekring ini biasanya dipasang bersamaan dengan MCB.

Fungsi sekring rumah sendiri adalah digunakan untuk menghubungkan MCB dengan sebuah instalasi listrik rumah. Sekring sendiri biasanya dipasang diantara beban dengan MCB. Benda ini pun terhubung ke sebuah jaringan listrik utama, yang mana semua beban dan rangkaian kabel akan melewatinya.

2. Sekring Mobil

Salah satu jenis sekring yang sering digunakan bagi sebagian orang-orang lainnya adalah sekring mobil. Beberapa kendaraan roda empat seperti mobil biasanya digunakan untuk sistem lampu, pengapian, dan juga arus utama baterai. Sekring mobil biasanya berfungsi kurang lebih sama dengan penggunaan sekring pada rumah. Sekring mobil juga berguna untuk menjaga komponen pada mesin dari sebuah resiko yang dapat menyebabkan terjadinya korsleting listrik.

3. Sekring Motor

Beberapa kendaraan seperti motor juga memiliki komponen yang bernama sekring. Hal itu dikarenakan pada motor diperlukan listrik yang digunakan untuk mematikan serta menyalakan mesinnya. Hal itu sama seperti kegunaan pada sebuah instalasi listrik dalam rumah, fuse atau yang sering kita sebut dengan sekring ini juga berfungsi untuk melindungi motor terutama ketika terjadi hubungan pendek pada arus listrik.

Jenis – jenis Sekring

Jenis-jenis sekring berdasarkan dari bentuk dan fungsinya sebagai berikut :

1. Sekring Tabung (Silinder)

Jenis sekring sendiri bervariasi dengan bentuk dan fungsi yang berbeda-beda dengan yang lain. Salah satu jenis sekring yaitu sekring berbentuk silinder atau yang sering disebut tabung. Jenis untuk yang satu ini cukup familiar untuk mayoritas pengguna. Hal itu dikarenakan sering digunakan untuk instalasi listrik dalam skala rumah tangga.Contohnya sering digunakan pada instalasi kelistrikan pada rumah

2. Sekring Blade ( Bentuk Pisau)

Jenis sekring yang lain setelah sekring jenis tabung adalah sekring blade atau sekring berbentuk pisau. Sekring blade yaitu alat untuk melindungi keperluan otomotif. Blade sendiri didesain dengan bentuk yang ramping namun juga kuat. Fungsinya sendiri banyak digunakan untuk keperluan pada listrik di sebuah kendaraan. Contohnya sering digunakan pada bagian relay lampu yang terdapat pada mobil dan motor.