Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kode Error Internet Pada Komputer

 bocahtehnik - Saat ini sudah banyak yang menggunakan komputer untuk mengakses internet. Namun, pada kenyataannya, komputer saat digunakan untuk mengakses internet juga masih bisa mengalami error terutama pada kode error internet.

arti dari kode error browser


Kode error internet pada komputer adalah gangguan yang dapat menyerang komputer, dimana sistemnya menghambat pencarian data atau akses pada server yang dituju. Penyebab kode error internet pada komputer adalah pada umumnya disebabkan karena adanya kekurangan pada internet yang umumnya disebabkan oleh kesalahan suatu program seperti permasalahan jaringan yang terputus atau salah memasukkan alamat.

Kode Error Internet 

Kode error yang sering terjadi pada saat mengoperasikan internet pada komputer :

1. 400 Bad Request

Kode error yang pertama mungkin sering kita alami pada saat menggunakan internet adalah kode error 400 Bad Request. Kode error ini biasanya akan muncul ketika server tidak dapat menemukan browser yang akan dicari. Hal itu dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti browser telah dihapus oleh sang pemiliknya, koneksi internet yang lumayan buruk, hingga kesalahan dalam memasukkan alamat URL. Biasanya kesalahan ini juga disebabkan oleh server website yang sedang mengalami gangguan. Hal itulah yang menyebabkan internet tidak sapat mengenali permintaan kita. 

Hal ini, maka kita harus memastikan terlebih dahulu koneksi internet sudah terhubung dengan baik, serta penulisan alamat URL apakah sudah benar?. Jika hal tersebut sudah dipastikan dan masih saja mengalami error, itu berarti browser tersebut sudah tidak dapat diakses lagi karena telah dihapus oleh pemiliknya.

2. 403 Forbidden

Kode error yang lainnya mungkin sering kita alami pada saat menggunakan internet adalah kode error 403 Forbidden. Error 403 Forbidden ini terjadi karena pemilik menyembunyikan browser agar tidak dapat digunakan oleh orang secara sembarangan. Sesuai dengan nama kode errornya "Forbidden" yang kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti terlarang.

Meski begitu kita bisa masuk ke halaman pencarian pada internet tersebut, asal saja memiliki kode log in. Biasanya, secara otomatis, kita diminta untuk mengisi sebuah username beserta password pada halaman log in tersebut.

3. 404 Not Found

Kode error yang lainnya mungkin sering kita alami pada saat menggunakan internet adalah kode error 404 Not Found. Error tersebut sering terjadi ketika mengaksesnya. Arti dari kode eror tersebut yaitu memberikan sebuah informasi bahwa halaman website yang diminta tidak dapat ditemukan pada web hosting yang dimaksud, baik itu karena terhapus, dipindahkan, dan lain sebagainya.

Maka jika terjadi error 404 Not Found ini periksalah kembali alamat URL yang ingin dicari, bisa saja telah terjadi kesalahan dalam penulisan akhiran, seperti ekstensi domain (.org, .co.id, ataupun .com). Hal ini periksa kembalikan koneksi internet, apakah sudah terhubung dengan baik, atau belum.

4. 415 Unsupported Media Type

Kode error yang lainnya, mungkin sering kita alami pada saat menggunakan internet adalah kode error 415 Unsupported Media Type. Error 415 Unsupported Media Type ini dari kata "Unsupported Media Type" yang memiliki arti jika server tidak mendukung media yang digunakan. Maksudnya saat server meminta kita mengunggah gambar dalam bentuk format .PNG, kita malah mengunggah gambar dalam bentuk format .JPG.

Hal ini harus lebih teliti tentang format dokumen yang diminta oleh server. Jangan khawatir, jika format dokumen tersebut berbeda dengan permintaan server, kita bisa langsung dapat mengubahnya melalui sejumlah situs eksport file secara daring dan gratis melalui browser.

5. 500 Internal Server Error

Kode error yang lainnya mungkin sering kita alami pada saat menggunakan internet adalah kode error 500 Internal Server Error. Kode error ini menggambarkan bahwa kesalahan bukan berasal dari pengguna, melainkan berasal dari dalam server itu sendiri. Hal ini biasanya terjadi secara tidak terduga. Ketika terjadi hal tersebut, sebaiknya untuk membersihkan cache dan cookies serta memulai ulang sebuah browser.

6. 502 Bad Gateway Error

Kode error yang lainnya mungkin sering kita alami pada saat menggunakan internet adalah kode error 502 Bad Gateway Error. Error ini biasanya terjadi ketika proses pengiriman request ke server tidak dapat berjalan dengan baik. Kode error ini, biasanya ditampilkan dalam beberapa jenis, seperti 502 Bad Gateway Error, 502 Service Temporarily Overload, Error 502, hingga 502 Proxy Error.