Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mudah dalam Memilih TV LED

TV LED adalah televisi yang dapat memancarkan cahaya pada saat mendapatkan arus bias maju atau forward bias dengan menggunakan teknologi diode, dimana LED ini akan memancarkan cahaya jika diberikan tegangan listrik dengan konfigurasi bias. Kelebihan TV LED adalah memiliki tingkat kekontrasan yang lebih tinggi, ramah lingkungan karena bebas radiasi, TV yang lebih tipis dan listrik yang dibutuhkan lebih rendah. Namun, TV LED ini memiliki kekurangan.

5 cara memilih tv led


Kekurangan TV LED adalah harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan TV LCD. 

Tips Memilih TV LED 

Beberapa cara dalam memilih TV LED yang mudah adalah sebagai berikut :

1. Fitur dan Spesifikasi dari TV LED

Tips pertama yang dapat Anda lakukan dalam memilih TV LED yang dapat tahan lama, tidak cepat rusak, sesuai dengan kebutuhan adalah melihat spesifikasi dan juga fitur dari TV tersebut. Selanjutnya setelah selesai memilih TV LED dengan penawaran terbaik, maka dapat dilakukan dengan menyeimbangkan dengan fitur dan spesifikasi yang dimiliki. Lakukan perbandingan antara harga pada seri dan merek dari TV yang sama. Pada saat memiliki seri yang beda meskipun mereknya sama, biasanya akan memiliki fitur dan juga spesifikasi yang berlainan dengan harga yang berbeda. 

Pahami TV LED dengan fitur-fitur yang tersedia. Pada fitur yang dimiliki semakin lengkap, akan berbanding lurus dengan harga jual TV LED tersebut. Jangan sampai tergiur dengan harga yang murah, tapi cermati spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh TV tersebut tidak sesuai dengan yang diinginkan.

2. Resolusi layar TV

Tips kedua yang kita lakukan dalam memilih TV LED yang dapat tahan lama, tidak cepat rusak, sesuai dengan kebutuhan adalah melihat resolusi pada layar TV LED. Kelebihan utama pada TV LED dibandingkan dengan TV tabung adalah mempunyai rasio dalam ketajaman gambar yang jauh lebih tinggi. 

Resolusi gambar yang dimiliki TV LED akan mencapai jutaan. Hal ini berarti, tingkat dari ketajaman pada gambar sudah sangat baik TV LED yang dipilih pastikan sudah mempunyai resolusi full HD 1080p. 

Hal ini untuk memastikan bahwa tv LED yang dibeli dapat menyajikan gambar yang tajam dan jelas. Lebih baik lagi, jika resolusi yang tinggi dapat dilengkapi dengan fitur digital support seperti mampu untuk menangkap siaran TV digital tanpa harus menggunakan alat bantu. Hal itu membuat tayangan digital mempunyai gambar yang lebih tajam dan bebas dari goyangan laiknya gambar yang ditangkap dengan menggunakan sistem analog.

3. Memprioritaskan TV Bergaransi

Tips lainnya yang kita lakukan dalam memilih TV LED yang dapat tahan lama, tidak cepat rusak, sesuai dengan kebutuhan adalah memprioritaskan TV yang memiliki kartu garansi.  Karena pada setiap produk, apalagi sebuah produk elektronik kemungkinan dapat mengalami kerusakan pada saat pengepak atau pengiriman bahkan bisa juga pada proses produksi. 

Garansi sendiri biasanya diberikan dengan berbagai variasi tapi biasanya selama 1 tahun setelah tanggal pembelian. Hal tersebut jika barang mempunyai garansi akan jauh lebih utama dibandingkan dengan barang yang tidak memiliki garansi. Pastikan untuk membeli TV dengan garansi dari pabriknya langsung bukan garansi toko. Garansi pabrik dapat menjamin produk yang dibeli dapat digantikan produk baru jika terjadi kerusakan yang mana bukan diakibatkan oleh kelalaian seorang pembeli.

4.Mempertimbangkan Konsumsi Listrik

Tips keempat yang dapat kita lakukan dalam memilih sebuah TV LED yang dapat tahan lama, tidak cepat rusak, sesuai dengan kebutuhan adalah mempertimbangkan dalam konsumsi listrik. Hal itu sudah menjadi hal krusial bagi kita untuk memperhatikan masalah konsumsi listrik pada sebuah televisi baru. Jenis televisi yang agak boros berada di pasaran salah satunya yaitu TV plasma. TV plasma sendiri ialah jenis TV yang paling boros daya dibandingkan dengan yang lainnya. 

5.Mempertimbangkan Harga

Tips lainnya yang dapat kita lakukan dalam memilih sebuah TV LED yang dapat tahan lama, tidak cepat rusak, sesuai dengan kebutuhan adalah mempertimbangkan sebuah harga. Ketika ingin membeli sebuah TV LED usahakan untuk melihat-lihat harga karena antara toko satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan harga yang cukup berbeda. Lakukanlah perbandingan harga terlebih dahulu.

Demikian tips - tips yang dapat diberikan dalam memilih TV LED yang telah dijelaskan pada uraian di atas. Semoga tips yang telah dijelaskan dapat Anda gunakan dalam memilih TV LED.