Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan AC Daikin Thailand dan Malaysia

Di era modern ini, hampir semua kehidupan telah melibatkan penggunaan teknologi yang canggih di berbagai bidang. Adanya kemajuan teknologi ini bertujuan untuk memudahkan kehidupan manusia di masa ini dan masa depan. 

cara memilih ac daikin


Salah satu teknologi ini yaitu penggunaan Air Conditioner (AC). Beberapa tahun lalu AC masih tergolong barang yang mahal, dan hanya terdapat di tempat tertentu saja, seperti hotel, mall, kantor, dan sebagainya. Akan tetapi,saat ini AC sudah banyak digunakan oleh khalayak umum. Hal ini dikarenakan udara yang panas, terutama di kota-kota.

Penggunaan AC menyumbang sekitar 20% dari energi yang digunakan dalam rumah tangga di negara Indonesia. Adanya hal ini wajar saja, karena Indonesia memiliki iklim Tropis dengan udara yang panas. AC adalah mesin yang dibuat untuk menyeimbangkan suhu udara dan kelembaban pada suatu ruangan. 

Mesin ini digunakan untuk mengecilkan dan membesarkan suhu udara sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. 

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai pembahasan AC, ada 3 fungsi AC yaitu sebagai berikut.

1.Mengatur suhu udara

AC memiliki fungsi utama yaitu mendinginkan sebuah ruangan. Suhu yang diinginkan dapat diatur menggunakan remote control, sehingga penggunaannya tergantung si pemakai. Adapun suhu terendah AC yaitu 18o C dan suhu tertinggi yaitu 30o C.

2.Mengatur kelembapan

AC juga berfungsi untuk mengatur kelembapan udara. Sebaiknya, suhu AC ideal pada 24-26oC , apabila kelembaban tinggi maka suhu akan rendah, yang mana hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

3.Membersihkan udara

Selain mengatur suhu dan kelembaban udara, AC juga berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran pada suatu ruangan, sehingga udara menjadi lebih bersih. Adanya hal itu, filter pada AC harus sering-sering dibersihkan secara rutin. Oleh karena itu udara akan lebih bersih dan sejuk.

Salah satu perusahaan pendingin udara atau AC ini yaitu Jepang, selain itu perusahaan ini telah memperluas ke berbagai negara seperti China, Malaysia, dan Thailand. Pada tipe AC split wall, Thailand memproduksi tipe AC Daikin lebih banyak dari pada Malaysia. Selain itu, negara tersebut telah memproduksi dalam berbagai tipe seperti inverter, deluxe, dan standar. Pada Negara Malaysia memproduksi tipe standar. 

Mengapa AC Thailand dan Malaysia berbeda? Hal ini dikarenakan setiap perusahaan selalu memproduksi sebuah wilayah sesuai dengan preferensi atau kebutuhan penduduknya. Pada kedua negara ini memiliki perusahaan yang sama, akan tetapi spek produknya berbeda. 

Bagaimana perbedaan AC Daikin Malaysia dan Thailand?

1.Teknologi low watt

Saat ini, produk AC yang dimiliki oleh versi Malaysia menggunakan low watt sehingga pengeluaran listrik bulanan yang lebih murah, walaupun demikian, manfaat yang dirasakan benar terasa setiap bulannya.  Pada versi Thailand, banyak tipe AC yang belum menggunakan teknologi low watt, sehingga tagihan listrik setiap bulannya lebih mahal atau tinggi. 

2.Harga 

Jika di bandingkan harga AC di kedua negara ini adalah masalah harganya, yang mana harga AC Daikin yang ditawarkan di Malaysia lebih murah jika dibandingkan dengan Thailand.
 
3.Mesin 

AC Daikin yang ditawarkan di Malaysia sudah menggunakan teknologi low watt, akan tetapi mesin dari AC Daikin Thailand lebih unggul. Adanya perbedaan ini, sehingga AC Daikin versi Thailand dapat lebih bertahan lama. pada mesin AC versi Thailand dapat dikatakan lebih bandel, hal ini dibuktikan dengan kinerja mesin AC Daikin pabrikan Thailand. 

4.Varian type

AC Daikin versi Malaysia tidak sebanyak yang ada di Negara Thailand.

5.Freon yang digunakan

Freon merupakan komponen utama dalam AC, sehingga apabila komponen ini tidak ada, maka AC tidak dapat bekerja. Pada AC Daikin Malaysia lebih umum 

menggunakan Freon R32, sehingga membuat sebuah ruangan lebih cepat dingin. Hal ini dikarenakan memiliki indeks yang lebih dingin daripada R410a. 
Terlepas dari produksi AC Daikin yang ditempatkan di negara manapun, AC ini memiliki keunggulan dan ketangguhan. 

Terlepas dari perbedaan AC dari kedua negara tersebut, manfaat AC bagi kesehatan, yaitu:

1.Mengatasi heatstroke, ketika mengalami kondisi ini maka tubuh akan memiliki suhu tinggi bahkan dapat memicu pingsan karena terpapar suhu yang panas dalam kurun waktu yang lama. dalam kondisi ini, AC dapat membantu menurunkan suhu badan. 

2.Mengatasi gangguan tidur

3.Mencegah gangguan pernapasan

4.Menjaga suhu ruangan untuk bayi