Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mudah Merawat AC Agar Awet, Tahan Lama dan Tetap Dingin

Rumah akan memberikan rasa nyaman jika memiliki desain yang bagus dan terdapat beberapa fasilitas yang membantu kita menciptakan rasa kenyamanan tersendiri. Contohnya yaitu pada saat beraktivitas di rumah seringkali merasa bahwa suhu udara panas. Akan tetapi, jika Anda ingin aktivitas yang Anda lakukan di rumah tetap nyaman dan terhindar dari perasaan bahwa suhu udara yang ada di rumah terasa panas yaitu dapat dilakukan dengan cara memasang dan menggunakan AC di rumah. 

AC yang Anda gunakan mampu memberikan kenyamanan tersendiri ketika Anda menggunakannya di rumah impian Anda.  Air Conditioner atau yang biasanya sering disebut sebagai AC adalah  mesin yang dapat digunakan untuk menstabilkan suhu yang ada di ruangan dan kelembapan yang ada di ruangan. 

merawat ac agar awet


Secara umum, fungsi AC adalah untuk digunakan sebagai pendingin ruangan yang dapat mendingingkan ruangan yang terasa panas. Akan tetapi, sebenarnya fungsi AC tidak hanya itu saja. Namun, fungsi AC dibagi menjadi 3 yaitu sebagai berikut :

1.Mengatur Suhu Udara

AC memiliki fungsi utama untuk mengatur suhu di dalam ruangan, suhu yang diinginkan dapat diatur sesuai angka yang tertera pada remote control. Secara umum, suhu tertinggi adalah 300 C dan suhu tertinggi 180 C.

2.Mengatur Kelembapan Udara

Kelembapan udara dan suhu saling berkaitan sehingga secara tidak langsung AC juga berfungsi untuk mengatur kelembapan. 

3.Membersihkan Udara 

AC memiliki filter yang dapat menyaring debu dan kotoran, sehingga adanya filter ini dapat menyaring udara agar tetap bersih dan sehat.

Cara Merawat AC

Cara merawat AC adalah suatu cara yang dilakukan agar menjaga AC tetap tahan lama dan meminimalisir dari kemungkinan besar AC dapat cepat rusak. Tips yang dapat dilakukan yaitu dengan cara sebagai berikut.

1. Rutin membersihkan filter AC

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk merawat AC yaitu dengan cara membersihkan filter AC karena salah satu penyebab AC tidak dingin disebabkan oleh filter atau penyaring yang kotor. 

Anda dapat membersihkan AC minimal satu kali dalam satu bulan. Akan tetapi, jika Anda memiliki hewan peliharaan berbulu maka Anda dapat melakukannya dua kali. 
Filter AC jika dibiarkan dan jarang dibersihkan, maka dapat mempengaruhi kualitas udara yang dihirup

Kualitas udara ini menjadi berkurang disebabkan karena udara yang Anda hirup sudah tidak bersih lagi. Oleh karena itu, hal tersebut menjadi faktor pemicu yang dapat mengganggu tingkat kenyamanan Anda. 

2. Tidak Menggunakan Suhu di bawah 22° C

Jika Anda ingin menyalakan AC, maka seperti biasanya Anda dapat langsung mengatur suhu yang paling rendah agar ruangan jadi lebih cepat dingin. Sebaiknya, Anda menghindari melakukan hal ini. Pada saat Anda memiliki AC yang standar, tapi Anda ingin menginginkan suhu ruangan lebih rendah, maka penggunaan AC standar (non - inventer) ini dapat menyebabkan kompresor lebih keras dalam bekerja untuk mencapai suhu rendah tersebut.

3. Periksa Freon dan Cuci AC

Freon adalah bagian dari AC yang berfungsi sebagai pendingin pada AC . AC agar tetap dingin, maka Anda harus memastikan agar AC tidak kekurangan freon. Dalam hal ini, Anda perlu untuk mencari teknisi dalam menjadwalkan perawatan AC bersama teknisi secara rutin yaitu dilakukan 3 bulan sekali.

4. Mematikan AC saat tidak digunakan

Hal yang dapat Anda lakukan berikutnya yaitu dengan cara mematikan AC saat tidak digunakan.  

Cara merawat AC pada langkah ini merupakan cara yang sulit untuk diterapkan karena pada cara ini biasanya sering dilanggar. Oleh karena itu, Anda harus disiplin dan komitmen untuk mematikan AC ketika AC telah selesai digunakan. Anda dapat memulai mematikan AC ketika Anda meninggalkan rumah pada kurun waktu yang cukup lama. Mematikan AC ketika Anda sedang berpergian sangat penting untuk dilakukan karena untuk menghemat biaya penggunaan listrik sekaligus untuk mencegah kecelakaan seperti adanya kebakaran. 

Akan tetapi, hal ini tidak hanya dapat diterapkan pada AC tapi juga dapat diterapkan pada seluruh alat elektronik lainnya. 

Demikian uraian mengenai tips – tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat AC yang berada di rumah Anda. Jika Anda tidak ingin AC Anda cepat rusak, maka Anda dapat menerapkan tips yang sudah diuraikan di atas. Semoga tips – tips berisi informasi untuk merawat AC yang telah diberikan pada penjelasan di atas dapat membantu Anda dan menambah pemahaman wawasan Anda dalam merawat AC.