Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Komponen Komputer dan Fungsinya

Komputer saat ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Namun, di sisi lain banyak juga orang yang tidak mengetahui komponen komputer. Padahal di zaman modern ini perkembangan komputer sudah semakin kompleks. Anda dapat memanfaatkan berbagai macam perkembangan komputer, dimana setiap komputer memiliki kelebihan tersendiri.

komponen komputer


Jika Anda mengetahui macam–macam komponen komputer, maka dapat menambah wawasan dan memanfaatkan lebih maksimal. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda perlu belajar segala hal berkaitan tentang komponen – komponen komputer.

Pada saat mempelajari lebih jauh lagi bagian komponen komputer, akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai berbagai macam komponen komputer yang perlu Anda ketahui.

Apa itu hardware? 

Hardware adalah bagian penting bagi terbentuknya sebuah komputer yaitu berupa segala bagian fisik dari sebuah komputer yang biasa disebut sebagai perangkat keras komputer. Fungsi hardware sebagai sebuah media yang dapat memberi masukan data pada komputer nantinya kinerja yang ditunjukkan dapat berjalan secara maksimal. Selain itu, hardware sendiri tentu dapat dimanfaatkan sebagai pengolah data yang berada di dalam sebuah komputer. Oleh karena itu, kinerjanya dapat lebih baik dan maksimal .

Lalu, apa itu software?

Software adalah salah satu bagian dari komputer yang sering disebut sebagai perangkat lunak. Software berbeda dengan hardware, software sendiri merupakan sebuah perangkat komputer yang berupa ada program ataupun aplikasi yang tersedia. Tentunya segala macam software yang tersedia mampu menjalankan sebuah perintah yang diberikan oleh pengguna dalam menggunakan sebuah komputer. Fungsi software sebagai sebuah sistem pendukung serta dapat mengontrol hardware yang ada didalam komputer. Jika kinerja komputer yang dimiliki dapat semakin tertata dan tentunya akan membuat kalian bisa menikmati penggunaanya secara lebih baik dan maksimal.

Komponen Komputer dan Fungsinya

Beberapa komponen dalam komputer dan fungsinya akan dijelaskan di bawah ini :

1.Casing Komputer / CPU

Casing merupakan wadah untuk memasang atau menyimpan komponen hardware di dalamnya seperti Hard Disk, Motherboard, Power Supply, CD – ROM, dan masih banyak yang lainnya.. 

Fungsi casing yaitu sebagai berikut :

a.Menghindari hardware penting seperti Hard Disk, Motherboard, Power Supply, CD – ROM dan lainnya dari debu.
b.Merapikan susunan hardware yang akan dirakit untuk menjadi PC

2.Motherboard

Motherboard mempunyai peran yang sangat penting yaitu sebagai hardware inti yang sudah pasti dimiliki oleh setiap komputer. Jika motherboard ini rusak sudah dipastikan komputer tidak akan bisa dihidupkan.

Alasan motherboard sendiri memiliki peran penting berikut fungsinya:

a.Sebagai komponen utama yang digunakan untuk memasang komponen – komponen penghubung seluruh hardware seperti Hard Disk, Ram, Sound Card, Internal Modem, dan masih banyak lagi.
b.Berisi sistem BIOS (Basic Input Output System).

3.Processor

Processor memiliki peran untuk memproses data itu sebabnya processor merupakan komponen inti yang wajib dimiliki oleh komputer. Processor sebagai pusatnya komputer, karena semua data  di kelola di komputer yang berdasarkan hardware ini. Fungsi processor sendiri adalah :

a.Memproses data keluar dan masuk.
b.Mengendalikan semua aktivitas komputer.

4.RAM (Random Access Memory)

Ram atau yang sering disebut Random Acces Memory adalah sebuah komponen komputer yang mempunyai fungsi untuk penyimpanan sementara, ketika komputer sedang dijalankan menggunakan aplikasi maka aplikasi tersebut akan disimpan di dalam Ram selama waktu tertentu.

Memiliki andil di dalam sebuah komputer, berikut fungsi RAM diantaranya :

a.Menyimpan data sementara hingga processor mengambil data tersebut.
b.Mengoptimalkan kecepatan dari kinerja komputer.

5.VGA Card

VGA (Video Graphics Array) Card biasa disebut kartu grafis memiliki peran penting untuk menampilkan data dalam bentuk visual. Jenis VGA sendiri ada dua macam yaitu graphics on-board (dari motherboard), dari processor atau dedicated VGA.

Fungsinya :

a.Mengubah data yang sudah diproses oleh processor menjadi tampilan visual ke suatu layar pada monitor.
b.Mempertajam tampilan layar di monitor.

6.Monitor

Monitor merupakan sebuah komponen komputer berupa layar yang digunakan untuk menampilkan grafis visual dari komputer. Fungsi monitor sendiri adalah :

a. Sebagai media untuk menampilkan output atau grafis dari komputer.
b. Mempermudah penggunaan dalam mengoperasikan komputer, karena semua yang dikerjakan akan ditampilkan pada layar.

7.Hard Disk

Hard Disk berfungsi untuk melakukan penyimpanan berjangka panjang pada komputer. Hard disk sendiri bukan hanya menyimpan file – file kecil tetapi juga menyimpan sistem operasi pada komputer.

Fungsi lainnya :

a.Untuk membackup data
b.Membaca data yang telah disimpan ke dalam komputer
c.Dapat menyimpan data dalam jangka panjang.

Demikian uraian mengenai komponen komputer dan fungsinya yang telah dijelaskan pada uraian di atas. Semoga penjelasan mengenai komponen komputer dan fungsinya dapat membantu menambah pengetahuan Anda.