Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Smart TV Canggih dengan Kualifikasi Terbaik

Menonton tayangan Televisi (TV) adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga. Aktivitas menonton TV ini cocok untuk dilakukan terutama pada situasi pandemic Covid – 19 ini. Adanya tayangan lucu yang ada di TV dapat menghibur Anda setelah melewati berbagai aktivitas yang melelahkan. Menonton tayangan lucu bersama keluarga juga akan mempererat hubungan dan menciptakan keharmonisan antar anggota keluarga. Menonton TV saat ini sudah dapat Anda lakukan dengan menggunakan berbagai jenis dan kualifikasi TV yang lebih baik.

cara memilih tv


TV saat ini telah didesain dengan sedemikian rupa dengan kualifikasi yang semakin canggih dari tahun ke tahun. Adanya kualifikasi TV yang semakin canggih, maka akan menambah kenyamanan Anda dan keluarga dalam menonton tayangan TV. 

Cara Memilih Smart TV

Nah, untuk Anda yang sedang kebingungan memilih Smart TV, maka Anda dapat menyimak beberapa cara memilih Smart TV berikut ini. 

1.  Menyesuaikan ukuran Smart  TV sesuai dengan kebutuhan 

Smart TV perlu disesuaikan dengan kebutuhan terutama dalam segi pemilihan ukuran Smart TV. Smart TV yang memiliki ukuran sesuai dengan kebutuhan Anda, maka tujuan penggunaanya akan sesuai dengan rencana awal. Smart TV yang memiliki ukuran tidak terlalu besar atau berada dalam kisaran ukuran 32 – 42 inch.

Smart TV ini akan memberikan kesan yang baik pada ruangan Anda karena tidak memberikan efek ruangan menjadi sempit. Hal tersebut dikarenakan adanya ruangan yang Anda gunakan untuk meletakkan Smart TV dengan ukuran minimalis, sehingga tidak memberikan efek sempit. 

Smart TV tidak hanya digunakan untuk menonton acara kesayangan saja, tapi juga digunakan untuk keperluan lainnya. Contohnya yaitu untuk kebutuhan presentasi atau justru digunakan untuk keperluan bermain game. Namun, jika menggunakan 

Smart TV yang memiliki ukuran 32 – 42 inch belum sesuai untuk digunakan dalam melakukan presentasi atau bermain game. 

Akan tetapi, untuk memenuhi keperluan tersebut membutuhkan Smart TV yang berukuran lebih besar yaitu berada pada kisaran ukuran Smart TV 50 inch agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih beragam. Jika Anda menginginkan desain yang mewah untuk interior rumah Anda dan menginginkan ukuran yang lebih besar, maka Anda dapat memilih ukuran 65 inch yang tentunya dapat lebih memenuhi kebutuhan Anda. 

2.  Memperhatikan resolusi pada Smart TV

Memilih Smart TV tidak boleh asal, tapi Anda perlu untuk memperhatikan resolusi pada Smart TV. Resolusi TV adalah jumlah pixel yang ada pada layar dan digunakan untuk menajamkan tampilan pada layar. Tidak selalu Smart TV yang memiliki layar lebar atau besar yang memiliki resolusi sempurna atau yang besar pula. 

Oleh karena itu, Anda harus benar – benar mencermati resolusi yang ada pada Smart tv Anda agar Anda tidak salah memilih. Resolusi pada Smart TV yang dapat Anda pilih mulai dari resolusi tertinggi yaitu 8K (7680 x 4320), 4K (3840 x2160), FHD (1920 x 1080) dan HD (1280 X 720). 

3.  Memeriksa kelengkapan pada fitur Smart TV

Setelah Anda memilih resolusi Smart TV yang terbaik, maka selanjutnya Anda dapat memilih Smart TV yang baik sesuai dengan resolusi dan fitur – fitur yang ada pada Smart TV pilihan Anda. Sebaiknya, Smart TV yang Anda pilih jangan hanya difokuskan pada besar layarnya saja. Akan tetapi, juga diperhatikan besar resolusi dan kesesuain fitur yang ada. 

Pastikan Anda memilih kualitas Smart TV  yang telah menyediakan fitur HDR (High Dinamic Range), dimana fitur HDR ini dapat meningkatkan kontras, kecerahan dan variasi warna yang akan berpengaruh pada tampilan terutama untuk permasalahan kualitas gambar. Selain itu, pastikan pada Smart TV Anda terdapat USB, LAN dan HDMI. 

Kegunaan port USB yaitu digunakan sebagai pembaca data yang terletak dalam penyimpanan eksternal. Sementara itu, kegunaan port HDMI yaitu untuk menghubungkan perangkat lainnya dengan Smart TV Anda, sedangkan kegunaan port LAN yaitu berfungsi untuk menghubungkan koneksi internet melalui adanya bantuan kabel. 

Beberapa cara memilih Smart TV di atas sebagai saran yang dapat Anda ikuti dalam memilih Smart TV. Jika Anda ingin membeli Smart TV yang canggih dan kekinian tapi ingin mendapatkan Smart TV yang tidak mengecewakan, maka dapat mengikuti cara tersebut. Semoga beberapa cara yang disarankan  di atas, dapat membantu kebingungan Anda dalam memilih Smart TV yang terbaik dan terpercaya.