Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Melindungi Komputer dari Bahaya Malware

Perkembangan teknologi yang berkembang secara pesat menjadi pemicu utama manusia untuk memanfaatkan teknologi dengan baik. Teknologi dimanfaatkan oleh manusia dalam mengerjakan berbagai tugas untuk memudahkan kehidupannya.

malware pada komputer
Pixabay


Namun, adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat diimbangi juga dengan persebaran kejahatan dalam dunia internet atau cyber yaitu salah satunya berupa Malware. Apakah anda sudah mengetahui apa itu yang dimaksud dengan Malware? Malware adalah singkatan dari malicious software yaitu sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan sebuah aksi kejahatan oleh penjahat dunia maya atau cybercriminal. Aksi kejahatan yang dilakukan yaitu dengan cara merusak atau mencuri data pada komputer dan jaringannya. 

Bahaya Malware pada komputer

Bahaya Malware sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan aksi kejahatan dan berbahaya untuk situs web. Malware ini selain dapat mengganggu sistem yang berjalan dapat juga digunakan sebagai sarana untuk mencuri, menghilangkan, mengubah data – data pribadi yang bersifat penting. Selain itu, malware dapat digunakan untuk mengendalikan sebuah sistem. 

Data – data Pencurian Malware 

Beberapa data yang dicuri oleh cybercriminal melalui Malware yaitu sebagai berikut:

Data kartu kredit
Data catatan kesehatan
Email
Kata sandi 
Identitas Pribadi
Mata uang crypto/ Bitcoin

Jenis Malware 

Jenis Malware secara umum yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut :

1. Worms

Worms adalah jenis Malware yang memiliki kemampuan untuk mereplikasi atau menggandakan diri dan menyebar ke perangkat lain secara mandiri, sehingga komputer tidak dapat mengenali. 

2. Spyware

Spyware yaitu salah satu jenis Malware yang memiliki kemampuan secara tersembunyi melakukan instalasi aplikasi yang bertujuan untuk mencuri data atau informasi penting yang ada pada komputer.

3. Adware 

Adware adalah salah satu jenis Malware yang menampilkan pop – up iklan secara terus menerus ketika pengguna sedang menggunakan komputer. Iklan yang secara terus menerus bermunculan dapat menyebabkan komputer crash.

4. FAT

FAT adalah salah satu jenis Malware yang dapat menyerang file pada komputer yang seakan file tersebut hilang dari penyimpanan. 

5. Ransomware 

Ransomware merupakan salah satu jenis Malware yang mampu memblokir akses yang terhubung dengan sistem operasi data pengguna, sehingga hal tersebut berdampak negatif

Cara Melindungi Komputer dari Malware

Cara melindungi data – data Anda di komputer dapat dihindari dengan menerapkan cara – cara sebagai berikut :

1. Hindari klik sembarangan 

Hal mendasar yang perlu dilakukan saat mengoperasikan komputer adalah untuk tidak sembarangan klik sebuah link atau situs tertentu. Pada saat Anda membuka link atau situs sembarangan, maka secara tidak langsung Anda telah membuka jalan untuk cybercriminal beraksi melakukan kejahatan melalui Malware. Oleh karena itu, Anda harus berhati – hati ketika hendak klik sebuah link atau situs. 

2. Perbarui sistem operasi dan aplikasi

Pastikan bahwa Anda selalu memperbarui atau melakukan update terhadap sistem operasi dan aplikasi Anda. Proses pembaruan sistem operasi dan aplikasi ini bertujuan untuk mencegah dari tindakan yang memungkinkan cybercriminal melakukan berbagai kejahatan yang akan meretas komputer Anda. 

3. Install antivirus

Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstall antivirus di komputer Anda untuk melindungi komputer anda dari adanya virus maupun Malware. Menginstall antivirus pada komputer anda merupakan cara yang efektif untuk digunakan karena jika menggunakan antivirus, ketika Malware masuk dalam komputer Anda , Malware dapat terdeteksi.

Oleh karena itu, perkembangan pada saat Malware terdeteksi masuk komputer dapat dicegah dengan menggunakan antivirus tersebut. Contoh antivirus yang dapat digunakan untuk menghindari komputer anda diretas oleh cybercriminal yaitu Avira, Avast, Malwarebytes. 

4. Install aplikasi secara resmi

Pada saat Anda ingin menginstall aplikasi, pastikan Anda menginstall aplikasi pada komputer yang Anda gunakan secara resmi. Hal tersebut baik untuk dilakukan karena meminimalisir komputer Anda terkena Malware. Sebaiknya Anda harus menghindari penggunaan aplikasi crack atau aplikasi bajakan karena aplikasi tersebut memiliki resiko tinggi yaitu dapat memicu komputer Anda terkena Malware.

5. Waspada email sembarangan

Jika Anda memperoleh email masuk dari seseorang yang tidak dikenal dan meminta informasi yang bersifat pribadi, maka Anda harus berhati – hati dan jangan sampai Anda terlena untuk memberikan data atau informasi apapun yang berkaitan dengan Anda. 

Apakah Anda sekarang sudah memahami apa itu Malware? Jika Anda telah memahami Malware dan beberapa jenis Malware secara umum, maka secara tidak langsung melalui pengetahuan ini merupakan salah satu alternatif untuk melindungi data dan juga perangkat Anda.