Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Mudah dan Praktis Membedakan Smart TV dan Android TV, Jangan Sampai Keliru!

Televisi atau yang biasa disebut dengan TV adalah salah satu kebutuhan berbentuk elektronik yang harus ada di rumah. TV ini wajib ada di rumah karena digunakan untuk sarana hiburan bersama dengan keluarga.

Tips Mudah dan Praktis Membedakan Smart TV dan Android TV


Menonton TV pada zaman dahulu masih menggunakan TV yang berbentuk tabung atau TV berbentuk analog, dimana pada zaman dahulu TV berbentuk tabung ini hanya dapat memunculkan gambar dan suara melalui sinyal yang ditangkap dengan menggunakan antena. Akan tetapi, adanya perkembangan teknologi yang semakin  

pesat menyebabkan penggunaan TV tabung dan analog semakin tersingkir dengan adanya Smart TV dan disusul Android TV. Perkembangan teknologi yang pesat dan semakin lebih baik menyebabkan perbedaan antara Smart TV dan Android TV semakin terlihat perbedaannya. 

Pada zaman dahulu, TV hanya digunakan untuk menonton tayangan dalam negeri saja. Akan tetapi, pada saat ini Anda dapat dengan mudah menonton semua.

Akan tetapi, pada kenyataannya tidak sedikit masyarakat yang dibuat bingung karena adanya banyak jenis TV yang tersedia dengan berbagai merek dan spesifikasi yang sama canggihnya. Oleh karena itu, mayoritas orang merasa sangat sulit dalam mengambil keputusan yaitu mengenai TV mana yang sesuai untuk dibeli dan cocok digunakan dalam beberapa waktu ke depan.

Smart TV adalah salah satu jenis televisi yang berjalan pada sistem operasi dan memiliki konektivitas internet, serta dilengkapi dengan fitur canggih. Android TV adalah penerus Smart TV karena masih termasuk Smart TV dan memiliki perbedaan pada sistem operasinya. Jika dilihat sekilas antara Smart TV dan Android TV ini hampir seperti tidak ada bedanya. Bahkan keduanya terkesan seperti televisi yang sama - sama memiliki fitur yang canggih dan fitur tersebut mampu memudahkan pengguna pada saat akses internet.

Akan tetapi, pada kenyataannya terdapat perbedaan antara Smart TV dengan Android TV. Perbedaan ini akan dibahas di bawah ini yang bertujuan untuk Anda mampu memahami fitur yang tersedia dan membantu Anda dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Membedakan Smart TV & Android TV

Smart TV dan Android TV adalah televisi yang berbeda meskipun sekilas terlihat sama. Cara yang dapat digunakan untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya yaitu sebagai berikut.

1. Melihat Bentuk Fisik

Android TV dalam segi bentuk fisik masih kalah jika dibandingkan dengan Smart TV karena Smart TV memiliki bentuk fisik yang bervariatif pada segi model dan segi ukuran. Mengapa pada segi bentuk fisik Smart TV lebih menonjol jika dibandingkan dengan Android TV? Ya, hal tersebut dapat terjadi karena pada Smart TV terdapat dua raksasa produsen yaitu LG dan samsung yang berdiri dengan sistem operasi masing - masing produsen. 

Baik produsen LG maupun Samsung, kedua produsen tersebut akan menciptakan Smart TV dengan kualitas yang baik terutama pada segi desain. 
Desain yang dibuat tidak perlu untuk diragukan lagi karena pasti dibuat dengan sedemikian rupa agar terlihat cantik dan menawan. 

2. Melihat Kepraktisan Penggunaan Remote

Jika dilihat dari segi kepraktisannya, Smart TV memang terbukti lebih unggul jika dibandingkan dengan Android TV. Mengapa Smart TV disebut praktis? Smart TV dianggap praktis karena tidak membutuhkan dua remote seperti Android TV yang terkadang membutuhkan dua remote untuk menjalankan sistem operasi dan perangkat secara bersamaan.

3. Mengamati Fitur

Perbedaan yang paling u antara Smart TV dan Android TV  yaitu terletak pada fiturnya. Smart TV dalam segi fitur lebih memiliki spesifikasi yang rendah jika dibandingkan dengan Android TV karena Android TV memiliki fitur yang lebih baik daripada Smart TV karena Android TV dapat terhubung dengan internet, tapi tidak dapat digunakan secara utuh dan maksimal.

4. Membandingkan Sistem Operasi

Sistem operasi Smart TV dan Android TV sangat berbeda. Pada umumnya, Smart TV menggunakan Tizen sebagai sistem operasi untuk berbagai perangkat dengan menggunakan HDMI.  Sementara itu, jika Android TV menggunakan sistem operasi yang lebih canggih yaitu seperti Marshmallow, Nougat, dll. Oleh karena itu, Android TV dapat terhubung pada Google Playstore.

Tips membedakan Smart TV dan Android TV yang telah diuraikan di atas sebagai saran yang dapat Anda gunakan untuk membedakan antara keduanya. Jika Anda ingin membeli TV, maka Anda dapat mempertimbangkan dengan spesifikasi dan perbedaan antara Smart TV dan Android TV. Meskipun sama – sama diciptakan dengan kecanggihan, tapi TV yang Anda pilih sebaiknya disesuaikan dengan budget dan juga dengan kebutuhan Anda.