Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Error AC Sharp F0

 Air Conditioner (AC) bukan suatu yang asing lagi bagi masyarakat.  Bahkan, penggunaan AC saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan. Tidak hanya digunakan untuk di kantor saja. Akan tetapi, AC ini juga digunakan di rumah. Fungsi AC salah satunya untuk menurunkan suhu ruangan, sehingga memberikan efek rasa kenyamanan bagi pengguna AC. Meskipun AC ini berguna untuk banyak orang, tapi jika terus menerus digunakan maka AC ini akan error atau rusak. AC juga dapat mengalami trouble seperti pada kasus AC yang terbaru yaitu AC yang memakai freon R32. Pada AC ini biasanya terjadi permasalahan yaitu AC menjadi tidak dingin dan dapat mati sendiri. Selanjutnya, jika sudah seperti itu, maka akan muncul kode F0 pada display unit indoor.

Mengapa kode F0 tersebut dapat muncul ketika terjadi permasalahan pada AC? Kode F0 muncul disebabkan karena thermistor coil tidak dapat mendeteksi dingin, tapi di sisi lain pcb melakukan protect sehingga pada unit akan muncul kode f0

Komponen thermistor adalah komponen yang terletak pada AC split terbagi menjadi dua yaitu thermistor suhu dan thermistor coil, dimana thermistor ini keduanya menempel pada bagian evaporator.

Peran thermistor sangat penting dalam unit AC split, dimana thermistor ini berperan otomatis sebagai pengatur suhu dalam ruangan. Cara kerja thermistor yaitu jika suatu ruangan sudah mencapai suhu yang ditentukan, maka thermistor akan mengirimkan sinyal pada PCB Modul yaitu digunakan untuk memutus arus listrik ke unit outdoor. 

Oleh karena itu, mesin kompresor akan istirahat selama beberapa menit. Setelah itu, thermistor akan mengirimkan sinyal kembali sebagai perintah yang diberikan kepada mesin kompresor hidup lagi jika suhu ruangan telah naik secara perlahan. Jika hal tersebut terjadi, maka hal tersebut sangat bagus karena dapat mencegah terjadinya panas secara berlebihan atau overheating pada kompresor.

Kode error AC Sharp F0

Terdapat beberapa kode error yang sering terjadi pada merek AC Sharp. Kode error pada AC ini sebenarnya terdapat cukup banyak. Akan tetapi, terdapat beberapa kode error yang paling sering muncul pada AC Sharp ini. Beberapa kode error yang sering muncul pada AC ini yaitu sebagai berikut :



1.Kode Error F2 

Koder error ini menandakan adanya kerusakan yaitu pada sensor kondensor

2.Kode Error F4 

Kode error ini menandakan adanya kerusakan yaitu pada sensor pelepasan udara

3.Kode Error F0 

Kode error AC Sharp ini menandakan adanya kerusakan sensor dalam ruangan yaitu pada ventilasi pengembalian udara

4.Kode Error H3 

Kode error pada AC Sharp ini menandakan adanya beban yang berlebihan pada kompresor

5.Kode Error H6 

Kode error ini menandakan adanya masalah pada kipas kompresor

6.Kode Error U8 

Kode error ini menandakan adanya kerusakan pada sirkuit inspeksi zero crossing motor kipas IDU

Cara Mengatasi Kode Error AC Sharp f0

Namun, Anda tidak perlu khawatir terhadap permasalahan yang akan terjadi pada AC Anda yang dapat disebabkan karena adanya kode error pada AC Sharp karena terdapat beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berikut ini cara - cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kode error f0 pada AC Sharp : 

1. Cabut colokan listrik atau turunkan mcb listrik

Langkah pertama yang dapat Anda terapkan yaitu mencabut colokan listrik atau menurunkan mcb listrik. Sebaiknya Anda diamkan terlebih dahulu sampai selama 5 menit. Selanjutnya Anda dapat menyalakan kembali unit AC.

2. Matikan kembali dan hidupkan kembali kemudian cek outdoor

Jika Anda sudah menerapkan langkah pertama, tapi masih menjumpai kodel F0 yang muncul kembali sebaiknya Anda matikan kembali lalu Anda dapat cek outdoor setelahnya.

3. Cek tekanan freon dan ampere kompresor

Jika tekanan freon dan ampere pada  outdoor, maka tekanan freon jenis r32 normal nya yaitu sekitar 150 psi dan ampere sesuai nameplate pada outdoor. Akan tetapi, jika tekanan kurang maka dapat ditambahkan. Namun, jika tekanan freon di bawah 60 psi, maka kemungkinan dapat mengalami kebanjiran pada freon.

4. Cari asal kebocoran dan segera isi ulang freon

Setelah mencari asal kebocoran dan Anda ingin mengisi freon, sebaiknya Anda jangan sampai terlewatkan untuk melakukan vakum sebelum mengisi freon karena untuk jenis freon R32 dan R410, maka setiap unit wajib divakum agar mesin agar menjadi awet. Oleh karena itu,  pendinginan pada AC dapat terjadi secara maksimal.

Beberapa kode error AC Sharp yang telah dijelaskan di atas merupakan kode – kode error yang sering terjadi pada AC Sharp.