Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Bisa Menjadi Sumber Bakteri, Ini Cara Membersihkan Keyboard yang Baik dan Benar

Ternyata tanpa kita sadari, berbagai alat disekitar kita yang sering digunakan bisa menjadi sangat kotor hingga menjadi sumber bakteri. Contohnya saja seperti perangkat komputer dengan keyboard nya. Siapa sangka ternyata keyboard komputer atau laptop bisa menjadi lebih jorok dari toilet. Hal ini dikarenakan keyboard tidak dibersihkan secara tepat sehingga bisa menjadi tempat bakteri dan kuman bersarang. 


cara membersihkan keyboard komputer


Terlebih lagi jika keyboard digunakan setiap harinya dan dipastikan bahwa jari-jari juga menyentuh keyboard tersebut setiap hari. Sementara itu, tak jarang orang memiliki kebiasaan minum dan makan sambil berkegiatan di depan laptop atau komputer tanpa mencuci tangan. Hal ini bisa menyebabkan kita terserang berbagai penyakit. Oleh sebab itulah, kita harus benar-benar teliti dalam menjaga kebersihan keyboard laptop atau komputer. Nah berikut ini beberapa cara membersihkan keyboard yang baik dan benar agar bersih dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

1. Balik dan goyangkan keyboard

Pertama-tama, kamu bisa membalik dan menggoyangkan keyboard dengan perlahan untuk membersihkan remahan yang terselip di antara tombol keyboard. Lakukan dengan hati-hati dan sedikit menepuk keyboard dengan posisi laptop terbuka agar remahan yang ada di dalamnya jatuh dan keluar dari celah tombol keyboard.

2. Gunakan air duster dan kuas lembut

Setelah itu kamu bisa menggunakan air duster dan kuas lembut untuk membersihkan sisa kotoran dan debu yang masih menempel pada keyboard. Ini dilakukan pada saat keyboard masih dipegang secara terbalik agar debu dan kotoran yang terselip tidak masuk kembali. Nah kamu bisa memanfaatkan air duster jika masih ada debu dan sisa kotoran yang terselip yang susah dibersihkan. Pastikan bahwa kamu menggerakkan air duster ketika menyemprotnya sehingga air duster tidak disemprot di waktu yang lama hanya pada satu titik saja.

3. Gunakan vacuum cleaner mini

Kamu juga bisa memanfaatkan vacuum cleaner mini yang ditenagai dengan USB untuk memastikan agar keyboard benar-benar bersih dari sisa kotoran dan debu yang masih menempel di celah-celah keyboard. Ingat ya jangan gunakan vacuum cleaner untuk kebutuhan rumah tangga untuk membersihkan keyboard karena benda tersebut mempunyai daya sedot yang terlalu kuat.

4. Lap menggunakan kain microfiber

Setelah itu kamu bisa menggunakan kain microfiber untuk mengelap dan membersihkan tombol di area sisi keyboard. Kamu bisa sedikit membasahi kain microfiber untuk melap keyboard secara merata. Pastikan kain microfiber tidak terlalu basah agar tidak menyebabkan tetesan air masuk ke dalam keyboard dan merusak komponen di dalamnya.

5. Bersihkan keyboard menggunakan desinfektan

Setelah kamu masih kan bahwa keyboard sudah benar-benar bersih dari debu dan kotoran, Maka selanjutnya  lap keyboard menggunakan desinfektan agar keyboard benda-benda bersih dari kuman dan bakteri yang bisa menjangkit penyakit. Caranya yaitu semprotan disinfektan kain lap bersih atau kain microfiber bersih kemudian lap keyboard dengan microfiber tersebut. 

Hindari menyemprotkan disinfektan secara langsung ke keyboard karena hal itu bisa merusak keyboard dan membuat keyboard justru tidak berfungsi karena ada air yang merusak dan masuk ke dalam komponen keyboard. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan alcohol wipes untuk melap dan membersihkan keyboard supaya benar-benar terbebas dari kuman dan bakteri berbahaya.

Demikianlah cara membersihkan keyboard yang baik dan benar agar keyboard bebas dari kuman dan bakteri zebagai sumber penyakit. Semoga bermanfaat!