Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonton Siaran TV Digital di HP Android Tanpa Kuota dengan TV Tuner Digital Eksternal

bocahtehnik - Ternyata, selain streaming melalui internet, siaran TV digital juga dapat ditonton melalui HP tanpa harus menghabiskan kuota. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat TV tuner digital yang terjangkau dan mudah dipasang pada HP Android.

Menonton Siaran TV Digital di HP Android
pixabay


TV tuner digital memungkinkan HP Android menjadi TV portabel yang dapat menampilkan sinyal digital. Pada awal perkembangannya, beberapa smartphone telah dilengkapi dengan TV tuner digital, namun saat ini fitur ini telah ditinggalkan karena perkembangan industri streaming.

Namun, saat ini tersedia TV tuner digital dalam bentuk perangkat keras eksternal yang mudah didapat dan dipasang. Tuner ini dilengkapi dengan antena internal yang memungkinkan Anda untuk menangkap saluran TV terestrial secara gratis di mana saja Anda berada.

TV tuner digital sangat bermanfaat tidak hanya dalam keadaan darurat, tetapi juga dapat digunakan saat berkemah atau bepergian ke kota-kota baru untuk menonton siaran TV over-the-air di daerah tersebut. Menurut Youtuber Tyler Kleinle dalam saluran YouTube-nya Anenna Man yang dikutip dari The Free TV Project, banyak orang tidak memiliki paket data atau berlangganan layanan TV langsung untuk melakukan streaming melalui internet, sehingga TV tuner di ponsel dapat menjadi alternatif yang bagus.

Cara pakai TV tuner digital

Untuk menggunakan TV tuner digital, langkah pertama adalah memasangnya dengan menggunakan kabel micro-USB dan/atau USB-C yang kompatibel dengan model ponsel Android Anda. Ada beberapa pilihan antena yang tersedia untuk digunakan dalam menonton televisi. Antena kecil dapat langsung terhubung ke tuner saat digunakan dalam kondisi standar, sedangkan antena yang lebih besar dapat dipasang pada kendaraan atau tempat lain ketika Anda melakukan perjalanan, berkemah, atau menonton televisi di luar ruangan.

Tuner juga dilengkapi dengan aplikasi yang dapat diunduh dan digunakan untuk fungsionalitas yang lebih baik. Beberapa aplikasi tuner digital bahkan memungkinkan Anda merekam siaran TV langsung.

Klinele berbagi dalam videonya bahwa dia dapat meyakinkan kita bahwa tidak perlu melakukan operasi apa pun pada ponselnya untuk mencapai hal ini. Satu-satunya yang harus dilakukan hanyalah mengunduh aplikasi dan menyambungkannya.

Namun, perlu dicatat bahwa satu-satunya opsi yang tersedia saat ini hanya kompatibel dengan perangkat Android. iPhone tidak dapat menggunakan tuner TV digital karena pembatasan Apple pada perangkat keras pihak ketiga.

Tidak ada perangkat keras tambahan yang diperlukan, meskipun Kleinle merekomendasikan untuk menghubungkannya ke antena eksternal yang lebih besar jika tersedia. Setelah melakukan scanning saluran, pengguna dapat langsung menonton siaran lokal di ponsel mereka.

Harap dicatat bahwa karena antena yang sangat kecil, tuner digital yang mendukung ponsel mungkin tidak dapat menangkap sinyal sebaik TV standar, terutama jika jauh dari menara siaran atau jika ada penghalang. Penggunaan TV tuner di ponsel sangatlah praktis dan terjangkau, serta bermanfaat dalam berbagai situasi.

Berbagai merek perangkat ini dijual di beberapa marketplace dengan harga mulai dari Rp 200 ribuan.