Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa SCTV Tidak Ada di TV Digital? Cek Penyebabnya Berikut!

bocahtehnik - Ada beragam hal yang orang lakukan dan berbeda satu dengan lainnya. Ada yang memutuskan untuk main hp sebagai cara mudah untuk mengisi waktu kosong. Namun, banyak yang juga menyukai menonton televisi untuk menghabiskan waktu. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan selama Anda tahu penyebab dari kenapa SCTV tidak ada di TV digital?

penyebab sctv tidak ada sinyal
Unsplash.com

Banyak orang merasa aktivitasnya terganggu karena terus menerus mengurus TV digital untuk mendapatkan siaran secara lengkap. Sayangnya, memang ada beberapa siaran yang tidak dapat terdeteksi walaupun ada. Beberapa orang merasa bahwa cukup aneh jika tidak ada siaran yang biasa ditonton. Karena itu, ada langkah mudah untuk perbaikan jika sudah tahu penyebabnya.

Ini Penyebab Kenapa SCTV Tidak Ada di TV Digital Sederhana

Secara umum, memang ada beberapa faktor yang membuat TV digital Anda tidak berjalan dengan baik. Apalagi dalam kepentingan mendeteksi beberapa channel yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan kenyamanan ketika menonton televisi dan dapat melihat semua program channel. Maka, beberapa hal ini sangat penting untuk diketahui.  Berikut ini penyebab dari hilangnya siaran.

1. Jek belum tersambung

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah sambungan antara jek dan juga antena. Jek STB dan antena harus dapat bersambung dengan baik. Jangan asal dalam melakukan pemasangan karena akan mempengaruhi hal lainnya. Jika Anda memasang secara asal, penyampaian sinyal tidak dapat diterima oleh STB. Karena tidak tersambung, SCTV juga tidak akan terlihat.

2. Kabel antena putus

Selain urusan jek dalam mengecek penyebab kenapa SCTV tidak ada di TV digital, Anda juga harus melakukan pemeriksaan pada bagian kabel.  Semua antena pastinya tersambung dan digunakan untuk kepentingan penyampaian sinyal.  Namun, jika ada kerusakan tertentu pada kabel, Anda harus mengganti kabel jauh lebih dulu. Jangan memaksakan pemakaian kabel yang sudah rusak karena dapat menyebabkan Anda kesulitan juga.

3. Posisi antena salah

Memperhatikan posisi antena juga menjadi langkah yang penting. Jadi, tidak hanya mengecek bagian kabel atau jek saja. Anda harus tahu arah antena dan peletakannya yang tepat untuk ke depannya. Pastikan untuk meletakkan antena di tempat yang mendapatkan sinyal atau posisinya dekat dengan tower. Pastikan kalau arahnya sendiri sudah tepat dan dekat sinyal terdekat. 

Itulah penyebab kenapa SCTV tidak ada di TV digital?  Anda dapat melakukan perbaikan akan berbagai macam bagian sehingga dapat memperoleh siaran atau saluran yang diinginkan.