Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Tahap Cara Memindahkan Freon dari Outdoor ke Tabung

bocahtehnik - Freon yang dikenal juga dengan refrigerant merupakan senyawa kimia yang digunakan sebagai fluida yang berguna untuk menyerap panas dari udara di dalam suatu ruangan agar suhu tersebut menjadi lebih menurun. Tabung yang habis maka harus diisi kembali dengan cara memindahkan freon dari outdoor ke tabung.

cara mudah memindahkan isi freons ac
Istock.com

Nah, bagi Anda yang belum paham terkait prosedur memindahkan freon dari outdoor ke dalam abung ini, bisa menyimak ulasannya di sini.

Cara Memindahkan Freon dari Outdoor ke Tabung

Dalam memindahkan freon dari outdoor ke tabung atau kaleng freon, setidaknya ada 2 tahapan yang bisa Anda lakukan antaranya sebagai berikut:

Menyiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Peralatan yang dibutuhkan dalam proses pemindahan Freon yang berasal dari Outdoor ke tabung, setidaknya ada 4 alat yakni:

● Dua selang pengisian Freon yang didasarkan pada ukurannya.
● Pressure gauge atau dikenal dengan alat pengukur tekanan yang digunakan sebagai pengukur tingkat tekanan di dalam cairan atau gas.
● Tabung ataupun Kaleng Freon yang kosong serta dilengkapi dengan kran.
● Wadah yang berisikan air dan es batu.

Siapkan keempat peralatan tersebut sebelum Anda benar-benar melanjutkan ke tahap prosedurnya.

Tahap Pra - Prosedur

Selain mempersiapkan peralatan di atas, penting bagi Anda untuk melakukan tahap pra prosedur agar proses berjalan dengan baik. Setidaknya ada 3 langkah yang perlu dilakukan, yakni:

● Pertama pastikan tabung yang digunakan dalam kondisi baru dan tidak berkarat ataupun kondisi lapisan tabung yang mulai menipis.
● Pastikan pula tabung kosong yang digunakan untuk menerima Freon tersebut memiliki tipe tabung freon yang sama dengan tipe sebelumnya.
● Terakhir pastikan pula komponen alat penting dalam kondisi baik dan tidak bermasalah yang bisa saja menghambat pemindahan freon.

Prosedur Pemindahan Freon

Setelah menyiapkan peralatan di atas, Anda bisa langsung melakukan prosedur pemindahan Freon yang akan dijelaskan di bawah ini:

● Langkah pertama, Anda bisa menghubungkan selang pengisian pada pentil pengisian freon di outdoor AC ke pressure gauge.
● Selanjutnya dari pressure gauge atau alat ukur tekanan pada terminal tengah, Anda biss menghubungkannya ke tabung atau kaleng Freon yang kosong tadi.
● Kemudian di sini Anda bisa merendam tabung pengisian ke dalam wadah yang telah diisi dengan air dan es batu.
● Selanjutnya jangan lupa untuk membuka nepel pengisian freon pada outdoor AC dengan secara penuh.
● Terakhir Anda bisa membuka keran warna biru pada pressure gauge dengan secara penuh
● Maka secara otomatis Freon akan berpindah pada tabung freon yang kosong tadi. Tunggu hingga benar-benar pemindahan freon selesai.

Dengan langkah-langkah tersebut, Anda bisa memindahkan freon dari Outdoor ke tabung kosong secara mudah dan praktis.

Demikianlah penjelasan terkait Cara memindahkan freon dari outdoor ke tabung, semoga ini dapat membantu Anda.