Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan di Android

bocahtehnik - Seiring berjalannya waktu, para pengguna aplikasi WhatsApp dapat menerapkan cara mengembalikan chat WA yang Hilang tanpa dicadangkan di android. Sehingga chat wa penting yang ingin tetap disimpan bisa dengan mudah ditemukan.

cara mengembalikan data whatsApp yang hilang
freepik.com

WhatsApp atau WA merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat dari seluruh dunia. Bahkan, hampir seluruh orang memanfaatkan WhatsApp untuk melakukan komunikasi secara jarak jauh sekalipun.

Fitur-fitur yang ada di aplikasi WA juga sangat bervariasi. Sehingga Anda bisa dengan mudah menyesuaikan setiap fitur yang ada dengan kebutuhan dan keinginan. Mulai dari fitur perpesanan, telepon suara hingga video call.

Fitur-fitur tersebut bisa dengan mudah digunakan dengan adanya akses internet yang lancar dan stabil. Bahkan, pesan maupun panggilan yang dilakukan bisa dilakukan dengan cepat sehingga komunikasi berjalan dengan efektif.

Namun, aplikasi memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan dan diatasi dengan tepat. Seperti halnya hilangnya chat WhatsApp karena beberapa hal sehingga Anda tidak dapat melihat kembali pesan yang telah hilang.

Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan di android maupun melakukan root atau flash. Berikut ini cara mengembalikan chat WA yang hilang di semua jenis handphone ataupun android.

2 Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan di Android

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan chat WA yang hilang tanpa perlu mencadangkannya di android. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja cara mengembalikan chat WA yang Hilang tanpa dicadangkan di android.

1. Mengembalikan Backup Chat WA dengan Menggunakan Google Drive

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengembalikan chat WA yang hilang yaitu dengan mengembalikan backup chat WA dengan Google Drive. Tips yang satu ini bisa diterapkan jika Anda telah melakukan pencadangan data WhatsApp sebelumnya.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan juga cukup mudah, hanya dengan mengunjungi bagian settings WhatsApp dan pilih menu chat. Setelah itu, pilih menu chat backup dan pilih bagian back up to Google Drive.

Jika proses backup data di Google Drive selesai, Anda bisa melakukan uninstall aplikasi WhatsApp untuk melakukan restore. Karena setelah Anda melakukan install ulang WhatsApp dan memilih pilihan restore, maka data WhatsApp yang sebelumnya akan terlihat kembali seperti semula. 

2. Memanfaatkan Aplikasi Recent Notification

Selanjutnya, Anda juga bisa menerapkan cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa instal ulang dengan aplikasi recent notification. Aplikasi recent notification bisa Anda temukan sekaligus unduh di Google Play Store. Setelah proses instalasi selesai, Anda perlu mengubah setting dengan mengizinkan semua pengaturan di handphone.

Setelah itu, semua chat WhatsApp atau data yang hilang akan secara otomatis kembali seperti semula. Namun, pastikan Anda memiliki aplikasi ini sebelum menghapus data ataupun chat yang ingin disimpan seterusnya. Karena data yang terhapus sebelum menginstal aplikasi ini tidak bisa dipulihkan kembali setelah pengunduhan selesai.

Bagaimana, mudah bukan 2 cara di atas yang bisa dilakukan untuk mengembalikan chat WA yang hilang? Namun sebelum itu, Anda perlu memastikan jika data atau chat WA telah dicadangkan di Google Drive maupun menggunakan aplikasi recent notification.

Pastikan Anda mengikuti tips di atas untuk mengamankan data dan chat WA yang penting. Demikian ulasan singkat mengenai cara mengembalikan chat WA yang Hilang tanpa dicadangkan di android, semoga bermanfaat.