Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Makanan merupakan zat yang akan dimakan oleh makhluk hidup yang di konsumsi untuk memperoleh nutrisi dan akan diubah menjadi energi (sumber tenaga)bagi manusia. 

kulkas tidak dingin


Namun, makanan seringkali tidak tahan lama bahkan akan cepat membusuk jika kita tidak menggunakan kulkas. Kulkas adalah tempat untuk menyimpan makanan dan mengawetkannya agar tahan lama. Makanan di kulkas dapat tahan lama karena pertumbuhan bakteri pada suhu rendah akan melambat.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasi

Penyebab kulkas yang tidak dingin yaitu dapat disebabkan oleh adanya beberapa permasalahan dan cara mengatasinya sebagai berikut ini .  

1. Terlalu Sering Membuka dan Menutup Kulkas

Jangan terlalu sering membuka dan menutup pintu kulkas. Jika sering dilakukan, akan menyebabkan kulkas bekerja terlalu keras dan cepat rusak karena ketika kita membuka pintu kulkas, udara di luar ruangan akan bercampur ke dalam udara dingin pada kulkas. Sementara itu, ketika menutup pintu kulkas, udara luar akan membuat mesin pada kulkas menyesuaikan suhu terhadap suhu udara dalam kulkas sehingga bisa menjadi dingin kembali. Jika hal tersebut terus terjadi berulang-ulang mesin pada kulkas akan bekerja keras dan mengakibatkan kulkas cepat rusak sehingga kulkas tidak akan dingin seperti ketika baru. Cara mengatasinya yaitu dengan berhenti untuk buka-tutup kulkas dengan gunakan kulkas sesuai kebutuhan.

2. Hindari Menyimpan Makanan yang Terlalu Panas di dalam Kulkas.

Hindari terlalu sering meletakkan makanan panas ke dalam kulkas. Jika terlalu sering dilakukan akan menyebabkan kulkas kehilangan fungsi kerjanya dan menyebabkan kulkas menjadi tidak cepat dingin karena suhu di dalam kulkas akan menjadi naik dan memanas sehingga dapat menyebabkan kulkas cepat rusak. Mesin pada kulkas sendiri akan ekstra untuk mendinginkan ruangan di dalam kulkas dan mengakibatkan kulkas tidak tahan lama dan mudah rusak. Cara mengatasinya yaitu dengan mendinginkan makanan tersebut terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas agar kulkas dapat awet dan tidak mudah rusak.

3.Tertutupnya Lubang Angin pada Kulkas

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menghindari kerusakan pada kulkas yaitu dengan selalu mengecek lubang angin. Seringkali kita terlalu menyepelekannya hal-hal kecil yaitu salah satunya dengan jarang mengecek bagian lubang angin pada kulkas. Jika lupa mengeceknya, maka yang sering terjadi adalah bunga es dapat menutupi bagian saluran angin di kulkas. Bunga es yang begitu tebal ketika menutupi bagian saluran angin dapat menghambat kulkas bekerja dengan baik. Saluran angin sendiri berperan sangat penting di dalam kulkas. Jika tertutupi, maka kulkas tidak dapat dingin di dalamnya. Oleh karena itu jika hal itu terjadi, maka cara mengatasinya yaitu dengan cara segera membersihkan bunga es yang menumpuk dengan cara matikan kulkas dan buka pintu kulkas untuk mencairkannya selama beberapa jam.

4. Pintu Kulkas Tidak Tertutup Rapat

Pastikan ketika membuka pintu kulkas, setelahnya Anda akan menutup pintu kulkas tersebut dengan rapat karena seringkali ketika membuka kulkas kita lupa mengeceknya, apakah sudah tertutup rapat atau belum?. Jika Anda sering lupa tidak menutup rapat pintu kulkas akan mengakibatkan kulkas tidak berfungsi dengan baik. Hal itu disebabkan karena udara dingin yang berada di luar kulkas terus masuk dan mengakibatkan mesin kulkas bekerja terus menerus. Jika hal tersebut terus menerus dibiarkan, maka akan menyebabkan kulkas kehilangan fungsi untuk mendinginkan makanan. Jika hal itu terjadi, usahakan untuk mengganti karet kulkas dengan karet baru yang lebih kencang.

5. Kipas pada Kondensor Rusak

Jika kipas di dalam kondensor kotor dan rusak dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin. Hal yang kita ketahui kipas kondensor sendiri berada di lemari di bagian bawah lemari es, terletak di dekat kompresor dan kumparan kondensor. Sementara itu, kipas sendiri memiliki tugas yaitu untuk menjaga kompresor dan kumparan untuk tetap dingin. Jika pada bagian kipas di dalam kulkas tersebut rusak maka kulkas akan memulai memanas. 

Oleh karena itu, jika kulkas tidak dingin akibat dari kipas kondensor rusak, maka cara mengatasinya yaitu dengan cara memperbaiki dan memeriksa terlebih dahulu apakah terdapat debu atau kotoran pada bilah-bilah kipas, yang menyebabkan kipas tidak dapat berputar dengan benar.

Beberapa uraian di atas mengenai penyebab kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya. Semoga dengan mengetahui penyebab kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya, pekerjaan rumah Anda menjadi terbantu dengan adanya informasi ini.