Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencari Penyebab dan Solusi Hilangnya RCTI dari Siaran TV Digital

bocahtehnik - Meskipun telah menggunakan Set Top Box, banyak pengguna yang masih mencari tahu penyebab mengapa RCTI tidak tersedia dalam siaran TV digital. Kehilangan beberapa saluran TV kerap menjadi keluhan di berbagai wilayah.

RCTI merupakan salah satu saluran TV lokal milik MNC Group yang menawarkan beragam program menarik, termasuk sinetron populer seperti "Ikatan Cinta" dan "Ojek Pengkolan", acara pencarian bakat seperti "Indonesian Idol" dan "Master Chef", serta berita dan program informatif lainnya.

RCTI dari Siaran TV Digital
istockphoto

Menurut informasi resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pemerintah Indonesia sedang melakukan migrasi dari TV Analog ke TV Digital. Proses ini menyebabkan banyak saluran TV menghilang, termasuk RCTI.

Penyebab Hilangnya RCTI dari TV Digital

Hilangnya saluran RCTI dari TV Digital dapat diatasi dengan beberapa solusi. Menurut penelusuran dari Bocahtehnik, beberapa penyebab mengapa RCTI tidak tersedia dalam siaran TV digital meskipun Set Top Box sudah dipasang antara lain:

Wilayah yang belum terjangkau

Salah satu penyebab utama adalah karena jaringan siaran TV digital belum mencapai wilayah tempat tinggal pengguna. Belum semua daerah di Indonesia mendapat jangkauan siaran TV Digital.

Posisi antena yang tidak tepat

Masalah ini bisa disebabkan oleh posisi antena yang kurang pas. Jenis dan letak antena akan memengaruhi kualitas sinyal TV digital yang diterima. Disarankan untuk menggunakan antena outdoor karena memiliki daya tangkap sinyal yang lebih kuat, terutama di wilayah dengan sinyal yang lemah.

Kerusakan kabel antena

Kerusakan pada kabel antena juga bisa menjadi penyebab hilangnya saluran TV digital. Kabel yang rusak atau terkelupas akan menghambat antena dalam menangkap sinyal TV digital.

Koneksi yang tidak terhubung dengan baik

Faktor lainnya bisa disebabkan oleh Set Top Box yang tidak terpasang dengan benar atau terlepas. Hal ini akan mempengaruhi kualitas sinyal TV yang diterima.

Cara Mengatasi Hilangnya RCTI dari TV Digital

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut beberapa cara mengatasi masalah hilangnya saluran RCTI dari TV Digital:

Menggunakan antena outdoor

Pastikan untuk menggunakan antena outdoor yang sesuai. Meskipun Set Top Box memiliki kualitas yang baik, namun jenis antena yang digunakan juga memengaruhi jumlah saluran TV digital yang dapat diterima.

Menyesuaikan posisi antena

Atur posisi antena sesuai dengan arah pemancar sinyal terdekat di wilayah Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti SinyalTV Digital yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk melacak posisi pemancar sinyal terdekat.

Memindai ulang saluran RCTI

Cara paling efektif adalah dengan memindai ulang saluran TV. Setiap Set Top Box biasanya memiliki prosedur yang berbeda untuk melakukan ini. Berikut langkah-langkahnya dengan menggunakan Set Top Box Matrix Apple HD:

Hubungkan STB ke TV.

Sambungkan antena ke STB.

Nyalakan STB dan TV.

Tekan tombol [Menu] pada remote STB, lalu pilih [Search].

Pilih [DVB-T2] pada bagian Search Mode, [All] pada Search Type, [Indonesia] pada Country/Region, dan [On] pada Antena Power.

Pilih [Auto Search], lalu tekan [OK] pada remote STB.

Tunggu hingga proses pemindaian saluran TV digital selesai.

Dengan demikian, setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat menonton saluran RCTI kembali.