Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Frekuensi TV Digital Nusa Tenggara Timur dan Perubahan Akibat Analog Switch Off

bocahtehnik - Frekuensi TV digital di Nusa Tenggara Timur terbagi menjadi beberapa wilayah layanan. Seiring dengan penerapan kebijakan Analog Switch Off (ASO), banyak frekuensi TV di daerah tersebut beralih, yang menyebabkan banyak saluran hilang.

Untuk mengetahui daftar lengkap frekuensi TV digital Nusa Tenggara Timur di berbagai wilayah, simak terus artikel ini agar dapat menemukan siaran digital terbaru.

Frekuensi TV Digital Nusa Tenggara Timur
istockphoto

Program Analog Switch Off (ASO) secara bertahap diterapkan di seluruh Indonesia, termasuk Nusa Tenggara Timur, sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran. Tahap awal dilaksanakan pada tanggal 30 April 2022, tahap kedua pada tanggal 25 Agustus 2022, dan tahap terakhir pada tanggal 2 November 2022.

Agar tetap dapat menikmati tayangan TV favorit, masyarakat diimbau untuk menggunakan TV dengan teknologi DVB-T2. Teknologi ini dapat ditemukan pada TV digital terbaru seperti TV LCD, LED, atau Smart TV. Bagi mereka yang masih menggunakan TV tabung analog, mereka dapat menggunakan Set Top Box untuk menangkap sinyal digital dan mengubahnya menjadi sinyal analog agar dapat ditampilkan pada TV tersebut.

Setelah itu, carilah daftar frekuensi TV digital yang sesuai dengan wilayah tempat tinggal masing-masing. Untuk informasi lebih lengkap, berikut ini adalah daftar frekuensi TV digital Nusa Tenggara Timur untuk beberapa wilayah.

Daftar Frekuensi TV Digital Nusa Tenggara Timur:

Frekuensi TV Digital NTT-1 (Kota Kupang dan Kabupaten Kupang)

Kanal 29, 538 Mhz: TVRI Nasional, TVRI Nusa Tenggara Timur, TVRI World, TVRI Sport, RTV, Net TV, Kompas TV, AFB TV, dan Timor TV.

Kanal 586 Mhz: RCTI, MNCTV, GTV, iNews, Trans TV, Trans 7, tvOne, dan ANTV.

Kanal 41, 634 Mhz: Metro TV, Magna Channel, bn Channel, SCTV, Indosiar, Moji TV, dan Mentari TV.

Frekuensi TV Digital NTT-2 (Kabupaten Timor Tengah Selatan)

Kanal 28, 530 Mhz: TVRI Sport , TVRI Nasional, TVRI World, dan TVRI Nusa Tenggara Timur .

Frekuensi TV Digital NTT-3 (Kabupaten Timor Tengah Utara)

Kanal 32, 562 Mhz: TVRI Nasional, Biinmafo TV, TVRI World, TVRI Sport, dan TVRI Nusa Tenggara Timur.

Frekuensi TV Digital NTT-4 (Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka)

Kanal 30, 546 Mhz: TVRI Nasional, TVRI Nusa Tenggara Timur, TVRI World, dan TVRI Sport.

Itulah daftar frekuensi TV digital Nusa Tenggara Timur yang dapat Anda gunakan agar tetap dapat menonton siaran digital. Semoga informasi di atas bermanfaat!